Modern Pentathlon
Disiplin Modern Pentathlon
Fencing (Anggar — Épée satu sentuhan)
- Deskripsi singkat : Duel 1 sentuhan melawan banyak lawan (format round-robin atau poules di beberapa level).
- Format & aturan kunci: setiap duel berdurasi singkat; sentuhan pertama menang. Di turnamen besar ada ranking round dan kemudian direct elimination di beberapa varian.
- Penilaian: kemenangan -> poin; kemenangan lebih banyak = poin lebih tinggi untuk akumulasi keseluruhan.
- Peralatan: épée, masker, jaket listrik, body cord.
- Apa yang diuji: refleks, taktik, jarak (distance control).
Swimming (Renang — 200 m gaya bebas)
- Deskripsi singkat : Renang 200 meter gaya bebas, waktu dikonversi menjadi poin.
- Format & aturan kunci: heat berdasarkan seed time; teknik diperbolehkan gaya bebas apa pun
- Penilaian: waktu tercepat dikonversi ke tabel poin standar (misal X detik = Y poin).
- Apa yang diuji: kecepatan, ketahanan anaerobik, teknik.
Obstacle (Rintangan )
- Deskripsi singkat: Lintasan berisi serangkaian rintangan teknis (walls, balance, monkey bars, rope, tunnels) yang harus diselesaikan cepat dan efisien.
- Format & aturan kunci: biasanya heat cepat (1–2 menit), head-to-head atau time trial; beberapa acara pakai format knockout/penyisihan sampai final. Penalti untuk gagal menyelesaikan rintangan sesuai aturan (mis. harus kembali atau mengulang).
- Penilaian: waktu + penalti → dikonversi ke poin.
- Apa yang diuji: kelincahan, eksplosivitas, koordinasi, strategi jalur.
- Catatan: dipilih untuk menggantikan berkuda pada tahap reformasi agar lebih aman dan mudah diimplementasikan.
Laser-Run (Menembak Laser + Lari)
- Deskripsi singkat: Seri gabungan lari dan menembak laser (mis. 4×(lari + target 5 tembakan)).
- Format & aturan kunci: start menggunakan sistem handicap (Gundersen) berdasarkan poin kumulatif dari disiplin sebelumnya — atlet teratas start lebih awal. Di pos menembak, atlet harus mengenai 5 target (waktu dibatasi per cycle). Setelah menyelesaikan tembakan, atlet melanjutkan lari.
- Penilaian: posisi finish final menentukan peringkat lomba (otomatis menggabungkan poin).
- Peralatan: pistol laser, target elektronik.
- Apa yang diuji: ketenangan di bawah tekanan, kemampuan menurunkan denyut jantung cepat, kecepatan lari.
Riding (Berkuda — Show Jumping)
- Deskripsi singkat: Jumping dengan kuda yang dipasangkan secara acak kepada atlet
- (format tradisional sebelum transisi ke obstacle).
- Catatan penting: karena isu keselamatan, biaya, dan fairness, disiplin berkuda mulai ditransisikan di beberapa kalender ke Obstacle; status dan penerapan bervariasi per event dan per federasi.
